Penyebab Tanda Ciri Anak Hiperaktif

Posted by Ummu Nailah on

Hiperaktif ADHD Attention Deficit Hiperactivity Disorder adalah merupakan gangguan tingkah laku pada anak-anak yang tidak normal dan penyebabnya adalah isfungsi neurologia dengan gejala utama tidak mampu memusatkan perhatian.

Anak hiperkatif adalah anak yang mengalami gangguan pemusatan perhatian dengan hiperaktivitas (GPPH) atau attention deficit and hyperactivity disorder (ADHD).

Gangguan ini disebabkan kerusakan kecil pada system saraf pusat dan otak sehingga rentang konsentrasi penderita menjadi sangat pendek dan sulit dikendalikan.

Penyebab Anak Hiperaktif ADHD


Ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor resiko pemicu dan penyebab anak menjadi hiperaktif. Berikut informasi yang dilansir dati media tribunnews.com dengan judul pemberitaan ciri-ciri anak hiperaktif terdeteksi pada umur 4 tahun antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Temperamen bawaan.
  2. Pengaruh lingkungan.
  3. Malfungsi otak.
  4. Epilepsi.
  5. Gangguan di kepala, seperti gegar otak, trauma kepala karena persalinan sulit atau kepala pernah terbentur.
  6. Infeksi.
  7. Keracunan.
  8. Gizi buruk.
  9. Alergi makanan.
Penyebab Tanda Ciri Anak Hiperaktif

Diketahui memang ada yang salah pada otak anak Attention Deficit Hiperactive Disorder (ADHD). Kelainan pada otak ini bisa terjadi di bagian depan otak, namun bisa pula terjadi pada senyawa kimia penghantar rangsang atau neurotransmitter.

Khususnya, dari jenis dopamin dan norepinefrin. Otak anak penderita ADHD, khususnya otak kanan, memiliki ukuran yang lebih kecil.

ADHD bisa mempengaruhi keberhasilan anak di sekolah dan dalam hubungan interpersonal dengan orang lain. Gejala-gejala hiperaktif ADHD bervariasi dan kadang-kadang sulit untuk dikenali, biasanya gejalanya sudah mulai muncul dan bisa didiagnosa ketika anak berusia 7 tahun.

Berikut Ciri Tanda Gejala Hiperaktif pada anak antara lain adalah sebagai berikut :

Tidak Fokus Sulit Untuk Konsentrasi

Anak hiperaktif cenderung tidak bisa bertahan lama dengan yang dilakukannya. Misalnya, bila ia sedang main bola dan ada temannya yang membawa layang-layang, maka ia akan beralih untuk ikut bermain layang-layang.

Anak hiperaktif tidak bisa bertahan diam lebih dari 5 menit. Anak ini juga suka berteriak-teriak tidak jelas, dan berbicara semaunya. Juga memiliki sikap yang tidak mudah dipahami.

Mulutnya tak pernah diam, terus saja berkicau. Daya konsentrasinya rendah dan seolah-olah tak mau mendengarkan perkataan orang tua. Malahan matanya seperti tak memperhatikan lawan bicaranya.

Tidak Tenang Dan Mudah Gelisah

Secara awam dan pada umumnya orang tua mengenali akan tanda gejala hiperaktif pada anaknya adalah ketika sang anak tidak bisa diam, selalu bergerak kesana kemari.

Anak-anak dengan ADHD sering tidak bisa duduk diam, selalu berjalan atau berlarian. Atau jika dipaksa untuk duduk, mereka akan menjadi gelisah atau menggeliat terus di kursi mereka.

Penyebab Anak Hiperaktif ADHD

Tidak Bisa Menyelesaikan Suatu Pekerjaan

Seorang anak dengan ADHD biasanya menunjukkan minat dalam banyak hal yang berbeda, tetapi mungkin tidak ada satupun yang mereka lakukan sampai selesai.

Dalam hal ini kerapkali anak dengan ADHD akan memulai sebuah proyek, tugas, atau pekerjaan rumah tetapi meninggalkannya sebelum selesai karena perhatian mereka telah berpindah ke hal lain yang menarik minat mereka.

Mereka cepat sekali beralih dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya. Kadang perkembangan motorik dan bahasanya juga terlambat.

Mereka mudah terangsang, perhatiannya gampang teralihkan, tak tahan frustrasi, dan kurang dapat mengontrol diri. Suasana hatinya juga amat labil, sebentar gembira, sebentar marah, sebentar ngambek.

Destruktif

Sebagai perusak ulung, anak hiperaktif harus dijauhkan dari ruangan yang banyak benda-benda berharga atau barang pecah belah dan sejenisnya. Sikap yang suka melempar, menghancurkan barang inilah yang disebut destruktif.

Tidak Mengenal Lelah

Meski setiap hari terus-terusan berlari, melompat, atau bergerak terus namun anak tidak tampak kelelahan saat sedang bermain ataupun setelah bermain seharian.

Sepertinya ia tak kenal lelah, seakan energinya bersumber dari mesin. Kalau anak lain diam karena capek sehabis berlarian,ia paling cuma minum lalu bergerak lagi.

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Nahhh..mantaf nih bang ada pegetahuan baru lagi buat saya..heee

    BalasHapus