Manfaat Minum Teh

Posted by Ummu Nailah on

Manfaat kegunaan minum teh bagi kesehatan memang telah banyak didapatkan dari hasil-hasil penelitian mengenai kegunaan dan manfaat dari teh itu sendiri.

Teh merupakan salah satu minuman favorit di Indonesia ini. Teh bisa diminum kapan saja dan dimana saja. Dikonsumsi panas atau dingin, teh pun tetap nikmat. Pada umumnya teh panas diminum saat cuaca dingin, sebaliknya es teh menjadi favorit kala cuaca panas menyengat.

Berdasarkan penelitian terbaru minum secangkir teh bisa membuat seseorang merasa lebih rileks dan juga meningkatkan kinerja otak.

Berikut ini beberapa manfaat minum teh antara lain adalah sebagai berikut :

Membuat Nyaman

Menenangkan perasaan adalah merupakan salah satu manfaat yang diperoleh setelah meminum teh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akar teh valerian akan membantu membuat mudah tertidur dan merasa tenang.

Dalam sebuah penelitian di Jerman, sekitar 202 orang dewasa menggunakan ekstrak teh ini sebagai obat anticemas. Hasilnya mereka mengaku merasa lebih tenang, tidur lebih berkualitas, dan istirahat dengan baik.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bahan dalam teh hijau bernama EGCG meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan menekan nafsu makan. Zat ini juga memicu panas dalam tubuh yang bisa membakar kalori lebih banyak.

Dua atau empat cangkir teh hijau dalam sehari bisa membakar 70 sampai 80 kalori. Zat paling bermanfaat di dalamnya adalah antioksidan yang menyehatkan untuk sistem saraf dan menurunkan keinginan untuk ngemil. Ini adalah bagian dari manfaat minum teh hijau diantaranya.

Mencegah Kanker

Secara umum, teh memang punya manfaat mencegah penyakit kanker. Namun, sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Circulation, menyebutkan teh panas mengandung lebih banyak polifenol dibandingkan es teh, yang berfungsi mencegah pertumbuhan sel pemicu kanker.

Adapun jenis teh yang mengandung polifenol tinggi adalah teh hijau dan teh hitam.

Manfaat Minum Teh

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Penelitian sebelumnya terkait dengan kegunaan dan fungsi minum teh adalah bahwa hal in juga menunjukkan bahwa minum 3-4 cangkir teh sehari dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Mengontrol Kolesterol

Teh hijau membantu mengurangi tingkat kolesterol serta juga membantu dalam rangka menjaga arteri tetap sehat dan tidak tersumbat. Arteri yang sehat akan mencegah penyakit jantung.

Mengontrol Diabetes

Kandungan zat di dalam teh yang berupa Poifenol dan polisakarida dalam teh hijau efektif untuk menurunkan tingkat gula darah.

Berdasarkan penelitian, EGCG pada teh hijau menghambat produksi glukosa pada lever dan menurunkan tingkat gula darah serta mengontrolnya

Menjaga Tulang Tetap Sehat

Kabar gembira bagi Anda, menikmati teh bisa memberi khasiat sama seperti minum susu. Bagi para orang lanjut usia, konsumsi teh hijau bisa mengurangi risiko patah tulang karena osteoporosis.

Minum teh hijau mengandung senyawa katekin, senyawa bioaktif EGCG yang berperan untuk memperkuat tulang.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar