Persyaratan Pendaftaran Online CPNS 2014

Posted by Ummu Nailah on

Tata cara aturan seleksi penerimaan CPNS tahun 2014 ini pemerintah akan lebih mempermudah dalam hal sistem rekrutmen registrasi online calon pegawai negeri sipil baik di lingkungan kementrian pusat maupun pada lowongan cpns daerah 2014 ini. Hal ini juga dijelaskan oleh Pemerintah khususnya oleh Kemenpan-RB dan juga dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Herman Suryatman selaku dari Kepala Biro Hukum, Komunikasi Informasi Publik (KIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menerangkan bahwa pelaksanaan Ujian Pengadaan CPNS akan dimulai akhir bulan Juli hingga Oktober 2014.

"Untuk pelaksanaan tes kompetensi dasar (TKD) instansi pusat akan dimulai akhir bulan Juli. Sedangkan daerah mulai awal Agustus," Dalam seleksi CPNS, ada tiga komponen materi ujian TKD yang akan diujikan yakni, tes intelegensia umum, tes wawasan kebangsaan, dan tes karakteristik pribadi.

Persyaratan Pendaftaran Online CPNS 2014

PERSYARATAN UMUM CPNS 2014
Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para calon pendaftaran dan juga calon pelamar dalam melakukan proses pendaftaran calon pegawai negeri sipil tahun anggaran 2014-2015 ini, antara lain adalah :
  • Pelamar CPNS adalah Warga Negara Indonesia.
  • Pelamar CPNS Tidak mengkonsumsi obat2an terlarang.
  • Pelamar CPNS tidak pernah terlibat dalam kejahatan (dipenjara).
  • Pelamar CPNS tidak pernah diberhentikan dengan hormat atau tidak hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta.
  • Pelamar Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri atao Pegawai Negeri.
  • Pelamar CPNS siap untuk penempatan disemua area NKRI
  • Pelamar CPNS Adalah kandidat dengan tamatan Sarjana, Diploma atau SMK/SMA sesuai formasi pada CPNS 2014
Pelamar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini akan dipermudah dengan sistem pendaftaran online. Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja saat rapat persiapan pengadaan CPNS tahun 2014 di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Rabu (16/07). “Kita berupaya mempermudah dan tidak memusingkan pelamar dengan sistem pendaftaran online ini,” ujarnya.

Pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait dengan proses pendaftaran seleksi CPNS yang terintegrasi. Pelamar dapat membuka portal nasional http://panselnas.menpan.go.id untuk mendaftar seleksi CPNS. Dan laman portal website panselnas.menpan.go.id ini adalah portal resmi untuk melakukan pendaftaran registrasi online.

"Pelamar cukup meng-entry Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, dan email. Lalu memilih instansi yang dilamar," jelas Direktur Pengolahan Data Iwan Hermanto Soetjipto. Setelah memasukkan syarat yang diperlukan, pelamar akan mendapatkan username dan password.

Seleksi Tes CPNS Online Tahun 2014

Paswaor dan user name ini adalah digunakan untuk membuka portal pendaftaran online SSCN BKN atau portal dari masing-masing instansi. “Tidak bisa mendaftar langsung ke portal instansi masing-masing jika belum mendaftar ke portal nasional,” Iwan menambahkan.

“Banyak formasi kosong yang ditinggalkan karena tahun kemarin pendaftaran tidak secara online dan terintegrasi ” jelas Asdep Perumusan Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur Arizal. Hal ini karena para pelamar banyak yang lulus lebih dari satu instansi.(www.menpan.go.id)

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar