Manfaat Efek Samping Kemoterapi

Posted by Ummu Nailah on

Tujuan dan manfaat pengobatan kemoterapi salah satunya adalah dalam rangka untuk memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker di tubuh para penderitanya. Dan jenis macam pengobatan kanker dengan dalam bidang medis kesehatan salah satunya adalah melalui kemoterapi ini.

Yang dimaksud dengan penyakit kanker definisi dan artinya adalah bahwa kanker tumor merupakan pertumbuhan sel yang tidak normal, di luar kondisi tubuh manusia. Dan juga mempunyai sifat untuk membelah secara berlebihan, di mana tersusun sel yang tidak rapi. Dan sel memiliki sifat tidak mudah lepas.

Manfaat Efek Samping Kemoterapi

Bila pada suatu tempat di badan kita terdapat pertumbuhan sel-sel yang berlebihan, maka akan terjadi suatu benjolan atau Tumor. Tumor ini dapat bersifat jinak maupun ganas. Tumor yang ganas inilah yang disebut dengan Kanker. Tumor Ganas mempunyai sifat yang khas, yaitu dapat menyebar luas ke bagian lain di seluruh tubuh untuk berkembang menjadi Tumor yang baru. Penyebaran ini disebut metastase.

Setiap benjolan yang tidak normal di anggota tubuh manusia adalah tumor. Tumor yang berisi cairan disebut kista. Sedangkan tumor yang berisi jaringan adalah tumor padat dan terdiri dari 2 sifat yaitu jinak atau ganas. Setiap tumor harus dianggap ganas sampai ada hasil pemeriksaan patologi anatomi yang menyatakan bahwa tumor tersebut ganas / tidak ganas.

Pengobatan Kanker


Kemoterapi telah digunakan sejak tahun 1950-an. Biasa diberikan sebelum atau sesudah pembedahan. Tujuannya adalah membasmi seluruh sel-sel Kanker sampai ke akar-akarnya, sampai ke lokasi yang tidak terjangkau pisau bedah. Paling tidak untuk mengontrol sel-sel Kanker agar tidak menyebar lebih luas.

Kemo adalah penggunaan obat yang bertujuan dan bermanfaat untuk membunuh sel kanker. Obat ini bisa dimasukkan melalui infuse vena, suntikan, dalam bentuk pil atau cairan. Mereka dimasukkan ke aliran darah dan mengalir ke seluruh tubuh, membuat perawatan ini berguna untuk kanker yang sudah menyebar ke organ yang jauh. Meskipun obat ini membunuh sel-sel kanker, mereka juga merusak beberapa sel normal, yang dapat menyebabkan efek samping.

Pengobatan Kanker tergantung pada jenis atau tipe Kanker yang diderita dan dari mana asal Kanker tersebut. Umur, kondisi kesehatan umum pasien serta system pengobatan juga mempengaruhi proses pengobatan kanker. Pada kasus Kanker Pengobatan utama adalah melalui beberapa metoda cara sebagai berikut :
  1. Pembedahan atau Operasi
  2. Kemoterapi atau dengan cara pemberian Obat-obatan
  3. Radioterapi atau Penggunaan Sinar Radiasi
Penyebab Kanker bisa dikarenakan oleh hal-hal sebagai berikut :
  • Genetik
  • Hormon
  • Sistem Imunitas
  • Kegemukan
  • Bahan Kimia
  • Radiasi dan Sinar Ultra Violet
  • Virus

Dampak Efek Samping Pengobatan Kemoterapi


Tujuan kemoterapi bersifat kuratif atau menyembuhkan. Di mana bisa diterapkan pada pasien dengan kondisi kanker masih berada di stadium awal dengan tipe kanker yang jinak. Selain itu kemoterapi juga bertujuan memperpanjang usia hidup dan mengurangi rasa nyeri.

Dampak Efek Samping Pengobatan Kemoterapi

Karena manfaat pengobatan kanker dan utamanya dalam hal pemberian kemoterapi ini adalah bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker, akan tetapi seringkali juga efek negatif kemoterapi ini juga akan mengenai sel-sel tubuh yang sehat lainnya selain sel kanker yang menjadi prioritasnya.

Efek samping kemoterapi tergantung pada jenis obat yang digunakan, jumlah yang diberikan, dan lama pengobatan. Anda dapat mengalami beberapa efek samping jangka pendek, seperti:
  • Rambut rontok
  • Sariawan
  • Hilangnya nafsu makan
  • Mual dan muntah
  • Risiko tinggi infeksi (dari rendah jumlah sel darah putih)
  • Perubahan dalam siklus haid (ini bisa menjadi permanen)
  • Mudah memar atau pendarahan (dari jumlah trombosit darah rendah)
  • Menjadi mudah lelah (karena rendahnya jumlah sel darah merah atau alasan lain)

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar