Jadwal Penerimaan Pendaftaran CPNS 2014

Posted by Ummu Nailah on

Tes seleksi rekrutmen calon pegawai negeri sipil tahun anggaran 2014-2015 ini akan digelar dan dilaksanakan oleh Pemerintah pada minggu ke tiga bulan Juli dan pelaksanaan tes cpns online CPNS akan mulai di awal bulan Agustus tahun 2014. Jadwal pendaftaran CPNS mengalami kemunduran dari jadwal sebelumnya yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juni ini.

Hal ini telah diungkapkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi oleh pejabat yang berwenang di dalamnya. Hal ini juga dikemukakan pula oleh mentri PAN RB mengenai akan jumlah lowongan formasi cpns 2014 ini yang keseluruhannya adalah berjumlah 100 ribu.

Seperti halnya apa yang diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar kuota CPNS 2014 lebih besar dibanding periode tahun anggaran 2013. Alasannya adalah banyak kuota CPNS baru di tahun 2013 yang tidak terisi.

Formasi cpns guru dan tenaga kesehatan perawat adalah merupakan bagian dari prioritas formasi cpns 2014. Demikian adalah juga seperti yang diungkapkan oleh mentri PAN RB seperti yang dilansir dari situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia www.setkab.go.id yang tercantum dalam pemberitaan dengan judul Pemerintah Buka 100 Ribu Lowongan CPNS Tahun 2014.

Jadwal Penerimaan Pendaftaran CPNS 2014

Selain dari kalangan umum, pemerintah juga akan menerima PNS dari pegawai honorer. Ia mengatakan saat ini ada sekitar 600 ribu peserta dari pegawai honorer yang ingin naik pangkat menjadi PNS. "Kita prioritaskan untuk guru dan perawat. Ini sebagian masih proses, mungkin sebagian besok akan kita lepas untuk kita umumkan, jadi bertahap," kata Azwar Abubakar.

Pemerintah Republik Indonesia, lanjut Azwar, menjamin tes CPNS akan adil, dengan menggunakan sistem komputerisasi Tes CPNS dengan Sistem CAT di tahun 2014 ini dalam tes seleksi penerimaan cpns di tahun ini. Meski begitu, ada keluhan dari beberapa daerah, karena putra daerah yang lolos sangat sedikit.

Tes Seleksi CPNS Juli Agustus 2014


Herman Suryatman selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (KIP) Kemen PAN-RB mengatakan terkait dengan jadwal rekrutmen seleksi penerimaan cpns 2014 bahwasannya proses teknis tahapan CPNS 2014-2015 bakal mulai dijalankan Maret mendatang. Di antaranya adalah mulai membuka usulan formasi dari instansi pusat maupun daerah. Dia juga menuturkan tes CPNS 2014 ini fokus diisi oleh pelamar umum. Baca juga informasi update mengenai Pendaftaran Online CPNS 2014 di website resmi bkn.

Membaca informasi diatas maka sepertinya nantinya penerimaan cpns kemendikbud 2014 nantinya di laman website cpns.kemdikbud.go.id akan membuka formasi guru dan dosen serta pendidik yang lebih banyak daripada di tahun 2013 ini.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Herman Suryatman mengatakan, saat ini tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) masih melakukan penetapan formasi untuk setiap instansi.

"Pada awal Juli, akan diumumkan formasi tiap masing-masing instansi. Untuk pendaftaran online, rencananya akan mulai dibuka pada minggu ketiga dan keempat bulan Juli," ujar Herman di Jakarta, kemarin.

Dengan demikian, Herman memperkirakan, tes seleksi CPNS 2014 akan mulai digelar serentak, baik pusat maupun daerah, pada Minggu pertama di bulan Agustus.

Menurut Herman, untuk pengadaan tes pada Agustus mendatang, secara keseluruhan akan dilakukan dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Bagi daerah yang masih belum memadai infrastrukturnya, lanjut Herman, Kementerian PAN-RB akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud) untuk meminjam laboratorium dinas pendidikan dan kebudayaan (Dispendik) daerah.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar