Manfaat Berenang Untuk Kesehatan

Posted by Ummu Nailah on

Berenang adalah salah satu dari sekian banyak jenis olahraga yang di sarankan untuk menjaga kesehatan kita. Karena banyak manfaat berenang ini jika benar-benar dilaksanaka dengan sepenuh hati. Karena pada dasarnya semua jenis olahraga adalah bertujuan untuk menjaga kesehatan serta stamina tubuh kita sehingga terjauhkan dari gangguan berbagai jenis penyakit.

Berbagai macam olahraga tentunya akan bermanfaat bagi kesehatan serta kebugaran tubuh kita masing-masing. Termasuk manfaat berenang untuk kesehatan kita. Seperti yang pernah diungkap safiyhati bahwa olahraga renang pula bermanfaat dalam rangka meningkatkan kebugaran tubuh. Olahraga acapkali sudah menjadi cara mutlak untuk hal seperti ini. Bahkan, olahraga ringan tanpa harus menyediakan beragam peralatan olahraga yang aneh-aneh bisa menjadi pilihan kita juga.

Manfaat Berenang

Olahraga renang bisa dijadikan alternatif dari berbagai macam pilihan olahraga yang banyak terdapat di negara kita ini. Apalagi bila mempunyai fasilitas kolam renang sendiri tentunya akan bisa banyak mendapatkan manfaat renang ini. Tentunya bila kita rajin menggunakan fasilitas kolam renang itu.

Berbagai faedah kegunaan serta manfaat berenang ini akan bisa kita dapatkan bila kita memang berniat untuk menjaga kesehatan kita. Adapun manfaat berenang bagi kesehatan diantaranya yaitu :
  1. Melatih pernafasan kita. Kita mengetahui bahwasannya berenang adalah kita bergelut dengan lingkungan air. Dengan lingkungan yang penuh dengan air ini akan mampu memperkuat sistem pernapasan sehingga cocok untuk penderita asma. Gerakan dalam renang bisa membuat sistem pernapasan lebih panjang dan tubuh sehat. Dan ini adalah salah satu manfaat bila kita berenang.
  2. Meningkatkan kemampuan dari fungsi pernafasan (paru-paru) dan juga fungsi jantung. Dalam melakukan aktifitas berolahraga renang maka banyak organ tubuh yang terlibat di dalamnya. Gerakan mendorong dan menendang air menggunakan anggota tubuh, khususnya kaki dan tangan mampu memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Gerakan inilah yang mampu meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru karena dilatih secara rutin dalam berenang itu sendiri. Olahraga berenang juga termasuk dalam jenis olahraga dan juga salah satu latihan aerobik dalam air.
  3. Berenang Membakar Kalori. Dalam sebuah penelitian didapatkan hasil studi yang membuktikan bahwa berenang selama satu jam dengan intensitas sedang dapat membakar sekitar 500 kalori. Olahraga renang akan sangat membantu meningkatkan metabolisme, yang pada akhirnya akan banyak dalam membakar kalori dan ini adalah salah satu dari manfaat olahraga berenang yang bisa kita dapatkan.
  4. Menghilangkan Stress. Banyaknya gerakan yang kita lakukan ketika melakukan aktifitas berenang ini akan mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak sehingga suasana hati lebih tenang dan nyaman sehingga ini bisa menurunkan tingkat stress kita. Bersentuhan dengan air pun akan membuat tubuh kita lebih segar sehingga mempengaruhi suasana hati dan pikiran.
  5. Memperkuat otot-otot tubuh kita. Dalam olahraga renang seluruh organ dan otot-otot kita bekerja. Dengan otot tubuh bekerja maka hal ini akan secara tidak langsung melatih otot yang ada dalam tubuh kita menjadi semakin terlatih dengan baik pula. Dengan terlatih secara rutin maka akan memperkuat sistem otot kita juga dan hal ini akan berpengaruh positif terhadap kesehatan kita juga.
Demikian beberapa kegunaan serta manfaat berenang yang bisa kita dapatkan bila kita rajin berolaharaga renang. Kesimpulannya, jenis apa pun olahraga yang kita jalani akan membantu kita dalam meningkatkan stamina tubuh dan kesehatan kita sehingga kita tidak mudah untuk terserang berbagai jenis penyakit.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar