Sunnah Rasulullah Berbuka Puasa

Posted by Ummu Nailah on

Puasa adalah merupakan suatu bagian dari berbagai bentuk ibadah kita kepada Allah. Dan puasa ini ada yang hukumnya wajib dan juga ada yang hukumnya sunnah. Untuk contoh puasa yang sunnah kawan bisa membacanya di Puasa Sunnah Rasulullah. Sedangkan puasa yang wajib adalah puasa Ramadahan.

Rasulullah shallallahu a'laihi wa sallam telah begitu banyak mencontohkan perilaku dalam kehidupan Umat islam di muka bumi ini. Dari bagaimana memperlakukan keluarga, bagaimana memperlakukan anak-anak kita, bagaimana cara melakukan berbagai macam ibadah yang sesuai dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah pula. Termasuk dalam memberikan adab dan contoh sunnah berbuka puasa dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sunnah Berbuka Puasa

Ketika menjalankan ibadah puasa kadangkal ketika telah tiba masa serta waktu berbuka puasa ini pertama kali mendengar suara adzan magrib menandakan telah selesai waktu puasa kita pada hari tersebut kita langsung saja makan atau pun minum. Kita lupa untuk berdoa dengan doa buka puasa ketika kita akan membatalkan puasa kita tersebut. Karena dalam doa buka puasa itu adalah salah satu bagian dari amalan sunnah berbuka puasa yang telah dicontohkan Rasulullah SAW.
Yang dimaksud dengan pengertian puasa adalah menahan, yaitu menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan puasa dan mengurangi nilainya sejak terbit fajar sampai terbenam matahari. Jadi semenjak terbit fajar sampai dengan terbenamnya matahari kita harus menjaga puasa kita dari hal-hal yang dapat merusak puasa kita sendiri.

Ada beberapa bagian yang merupakan sunnah Rasulullah berbuka puasa dan diantaranya yaitu :
  1. Menyegerakan Berbuka Puasa. Maka bila telah berakhir masa untuk berpuasa maka segeralah kita berbuka serta membatalkan puasa kita. Karena hal ini terdapat dalam salah satu hadist mengenai keutamaan menyegerakan berbuka puasa yaitu Rasulullah shallallahu a'alaihi wa sallam bersabda mengenai keutamaan segera berbuka yaitu : "Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (HR. Bukhari no 1957 - Muslim no.1098).
  2. Sebelum makan berbuka, ucapkanlah 'bismillah' agar tambah barokah. Inilah yang dituntunkan dan dicontohkan dalam Islam agar makan kita akan menjadi semakin barokah, artinya menuai kebaikan yang banyak. Rasulullah shallalalahu 'alaihi wa sallam bersabda :"Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta'ala (yaitu membaca 'bismillah'). Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta'ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”." (HR. Abu Daud At Tirmidzi ).
  3. Berbuka dengan rothb, tamr atau seteguk air. Karena hal ini juga merupakan bagian dari salah satu sunnah dalam berbuka puasa yang telah dicontohkan dala Islam.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar