Menghormati Tetangga

Posted by Ummu Nailah on

Menghormati Tetangga. Tetangga adalah warga masyarakat lingkungan kita hidup dan berhubungan sosial dan letak rumahnya adalah bersebelahan dengan kita, baik itu bersebelahan di kanan, di kiri, didepan, atau pun dibelakang rumah kita. Bila sesuatu terjadi dalam rumah kita pun tentunya yang paling mengetahui adalah tetangga kita dahulu. Dan berbuat baik kepada tetangga dan menghormati tetangga adalah sebuah kebaikan yang yang telah Allah Firmankan dalam salah satu ayatnya :

"Dan sembahlah Allah, dan jangan kalian menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, dan berbuat baiklah kepada kedua orangtua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat, tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil, dan hamba sahaya yang kalian miliki. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong lagi membanggakan diri."(QS. An-Nisa’: 36 )

Cara Menghormati Tetangga, Cara berbuat Baik Pada Tetangga

Sesuatu yang tak dapat dihindari dalam hidup bermasyarakat dan juga bersosial karena kita adalah makhluk sosial adalah kehidupan bertetangga. Karena yang kita harapkan adalah hidup bermasyarakat dengan tenteram dan damai, tentunya kita juga harus hidup dengan tenteram dan damai bersama tetangga kita. Alangkah nyaman hidup bersama tetangga yang baik. Dan demikian pula bila kita mempunyai tetangga yang jelek maka kehidupan kita dalam bermasyarakat akan terasa sempit.

Rasulullah shallalalahu 'alaihi wa sallam bersabda :
"Empat hal yang termasuk kebahagiaan seseorang :istri yang shalihah, tempat tinggal yang luas, tetangga yang baik, dan kendaraan yang nyaman. Dan empat hal yang termasuk kesengsaraan seseorang : tetangga yang jelek, istri yang jelek, kendaraan yang jelek, dan tempat tinggal yang sempit." (HR. Ibnu Hibban no. 1232 )

Betapa pentingnya berbuat baik kepada tetangga, sampai-sampai Jibril menekankan dalam wasiatnya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ummul Mukminin ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :"Jibril selalu berwasiat kepadaku tentang tetangga sampai-sampai aku menyangka bahwa tetangga akan dijadikan sebagai ahli waris." (HR. Al-Bukhari no. 6014 dan Muslim no. 2624).

Dalam hal menghormati tetangga dan berbuat baik ini maka hal-hal yang membuat tetangga kita tidak ridha atau merasa terganggu. Ada beberapa perbuatan yang bisa membuat tetangga kita terganggu misalnya dengan perbuatan, seperti membuang sampah di sekitar pintu rumah tetangga, menyempitkan jalan masuk ke rumahnya, mengetuk-ngetuk pintunya, dan perbuatan lainnya yang memadharatkan tetangga. Termasuk pula jika dia memiliki tanaman di sekitar tembok tetangganya yang pengairannya mengganggu tetangga. Ini pun termasuk gangguan terhadap tetangga, sehingga tak boleh dilakukan.

Yang paling penting marilah kita menjaga kebaikan lingkungan kita, termasuk dalam hal berbuat baik dan menghormati tetangga kepada para tetangga kita sebagaimana yang telah disunnahkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar