Petunjuk Cara Tes CAT CPNS 2014

Posted by Ummu Nailah on

Tes Berbasis Komputer Computer Asssited Test (CAT) Online CPNS 2014 diberlakukan pada semua Tes TKD Kementrian Daerah tahun 2014-2015 ini. Karena memang kewajiban menggunakan sistem komputer dan online dalam mengerjakkan ujian tes CPNS 2014 ini telah ditentukan oleh Pemerintah dan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Bikrokrasi (Kemenpan-RB).

Penerimaan pendaftaran CPNS tahun 2014 akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) atau dalam bahasa mudahnya adalah menggunakan sistem yang berbasis komputer. Hal ini dikemukakan oleh Tasdik Kinanto selaku Sekretaris Kementerian PAN-RB seperti yang dikutip dari website www.menpan.go.id.

Petunjuk Cara Tes CAT CPNS 2014
Tes CAT CPNS 2014

Ujian Tes CAT TKD CPNS 2014


Tahun ini, sistem penerimaan CPNS memakai sistem online, baik dari proses pendaftaran hingga ujiannya. Untuk ujian CPNS, pemerintah memperkenalkan Sistem CAT (Computer Assisted Test) yakni tes melalui komputer yang terintegrasi.

Sistem ini jelas sangat berbeda dengan penerimaan CPNS tahun-tahun sebelumnya yang memakai sistem ujian tulis maupun dengan menggunakan sistem LJK (Lembar Jawab Komputer).

Ujian CAT CPNS 2014 diprediksi akan dilakukan sekitar akhir September atau awal Oktober 2014. Hal ini seperti seperti yang dilansir laman resmi panselnas.menpan.go.id, Herman Suryatman menyatakan bahwa masa pelaksanaan tes akan dilakukan secara bertahap mulai akhir September atau Awal Oktober 2014.

Seperti informasi yang dilansir dari jpnn.com bahwa Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Herman Suryatman mengatakan, infrastruktur untuk CAT disiapkan banyak pihak. “Laporan dari tim IT Panselnas, peralatan untuk CAT sudah siap digunakan,” katanya di Jakarta, Minggu (7/9).

Herman mengatakan fasilitas CAT yang pertama disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). “Baik yang ada di BKN kantor pusat atau yang tersebar di 12 kantor regional,” tuturnya. Khusus di kantor pusat BKN, setidaknya sudah disiapkan 100 unit komputer (client) untuk di pakai peserta ujian CPNS.

Rata-rata setiap sesi ujian berdurasi sekitar 90 menit. Dengan perkiraan diselingi istirahat selama 30 menit, dalam sehari bisa digelar hingga lima kali sesi tes CAT. Banyak sesi ujian dalam sehari ini, bisa memudahkan penjadwalan tes yang bakal diikuti ribuan pelamar.

Baca informasi mengenai petunjuk mengerjakan Tes CAT dari resmi dari BKN (Badan Kepegawaian Negara) tahun 2014 di informasi berikut ini ==>> Petunjuk Tahapan Tes CAT CPNS 2014.

Materi Tes CAT CPNS 2014


Kisi-kisi soal tes ujian CAT CPNS tentunya tidak akan jauh berbeda dengan soal ujian CAT yang sesungguhnya.Pada pelaksanaan ujian CAT cpns 2014 ini akan berisikan soal-soal cpns yang nantinya terdiri dan terbagi dari soal-soal berikut ini yaitu :

1. TKD (Tes Kemampuan Dasar)
Tes-tes yang termasuk di dalam materi ini adalah terdiri dari soal-soal yang berisikan tentang :
  • Tes Wawasan Kebangsaan.
  • Tes Intelegensia Umum.
  • Tes Karakteristik Pribadi.

2. TKB (Tes Kemampuan Bidang)
Bagi peserta yang memenuhi passing grade tes CPNS 2014 dan dinyatakan lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) selanjutnya berhak mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB).

Namun ada beberapa instansi dan jurusan tertentu yang tidak memerlukan tes TKB, artinya setelah lulus TKD maka berarti lulus ujian CPNS.

Passing Grade Tes CAT CPNS 2014
Passing Grade Tes CAT CPNS 2014

Passing Grade Tes CAT CPNS 2014


Passing grade nilai ambang batas kelulusan tes CPNS tahun 2014 yang menggunakan sistem CAT. Para pelamar akan secara langsung mendapatkan hasil dari Tes yang telah dijalani, karena sistem ini bersifat transparan dan objektif.

Passing grade sendiri adalah hal mutlak yang harus dicapai oleh setiap peserta tes CPNS 2014 untuk bisa dinyatakan lulus dalam seleksi tes CPNS 2014 sebab tidak tercapainya nilai dari passing grade dalam 3 kelompok tes yang ada (tes kompetensi dasar TKD) secara otomatis akan mendiskuakifikasi peserta tersebut dari kandidat peserta yang lulus.

Nilai Passing Grade TKD CAT yang ditentukan Kementrian pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tahun anggaran 2014-2015 ini menjadi penentu setiap peserta, apakah peserta tersebut lulus atau tidak dalam rangka mengikuti test selanjutnya yaitu TKB (Test Kemampuan Bidang) pada beberapa instansi yang mengadakan tes ini apakah peserta itu dinyatakan tidak lulus.

Hal ini berlaku juga pada passing grade cpns kemenkes 2014, passing grade tes cpns kemendikbud 2014, passing grade tes cpns kemenhub 2014, passing grade tes cpns kemenkeu 2014, passing grade tes cpns kemenkumham 2014, passing grade tes cpns jawa tengah 2014, passing grade tes cpns BNN 2014, cpns BPOM 2014 dan kementrian yang lainnya juga

Tips Kiat Sukses Lulus Mengerjakan Ujian CAT CPNS 2014


Berikut ini adalah beberapa tips trik kiat dan cara mengerjakan soal-soal tes CPNS CAT Online 2014 dari BKN yaitu :

1. Kerjakan Soal CAT Yang Mudah Terlebih Dahulu.
Peserta mengerjakan soal-soal yang mudah pada saat mengerjakan soal tes kemampuan dasar (TKD) Komputer Assisted Test terlebih dahulu. Hal ini untuk menyingkat waktu pengerjaan tes online. Mengingat bahwa waktu tes CAT cpns ini adalah 90 menit untuk 100 soal.

Sehingga waktu mengerjakan satu soal CAT cpns online ini hanya berkisar kurang lebih 54 detik. Kesimpulan peserta harus dapat menyelesaikan satu soal cpns online kurang dari satu menit.

2. Perbedaan Warna Soal-Soal Computer Assisted Test.
Soal pada awal akan berwarna merah. Dan bila telah menyelesaikan materi soal cat cpns online maka warna merah itu akan berganti menjadi warna hijau yang artinya peserta telah menyelesaikan soal-soal CAT tersebut.

Perbedaan warna soal ini akan memudahkan peserta untuk mengetahui soal mana yang telah dikerjakan dan soal mana yang belum dikerjakan. Nilai akhir tes CAT akan bisa dilihat ketika peserta telah menyelesaikan semua bentuk jenis macam soal CAT cpns tersebut.

Pengumuman Kelulusan Tes TKD CAT Kementrian 2014

Untuk pengumuman kelulusan TKD CAT CPNS kemendikbud 2014, kelulusan tes CAT cpns kemenhub 2014, Kelulusan cpns CAT kemenkeu 2014, Pengumuman Hasil Kelulusan tes CAT cpns kemenkumham 2014, Pengumuman hasil kelulusan tes CAT cpns jawa tengah 2014, Pengumuman hasil kelulusan tes CAT cpns BNN 2014, cpns BPOM 2014 akan diumumkan masing-masing website resmi instansi tersebut diatas.

Previous
« Prev Post

1 komentar: