Konsep Pengertian Sehat Sakit

Posted by Ummu Nailah on

Pengertian sehat adalah merupakan merupakan suatu keadaan yang baik dan sehat baik itu dari segi fisik, mental dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau pun kelemahan. Ini adalah pengertian sehat dari WHO. Karena memang sehat tidak hanya dipandang dari kesehatan secara fisik saja. Sehingga memang konsep sehat sakit perlu untuk kita ketahui bersama.

Sedangkan yang dimaksud dengan pengertian sakit adalah merupakan ketidak seimbangan dari kondisi normal tubuh manusia diantaranya dari sistem biologik dan kondisi penyesuaian tubuh kita.

Konsep Pengertian Sehat Sakit

Berikut beberapa hal yang berhubungan dengan definisi pengertian sehat sakit baik menurut WHO maupun yang lainnya :
  1. Pengertian sehat menurut UU N0. 23/1992 tentang kesehatan yaitu merupakan suatu keadaan sejahtera dari badan (jasmani), jiwa (rohani) dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
  2. Pengertian sakit adalah merupakan suatu gangguan dari siklus hidup.
  3. Kriteria sakit menurut Bauman, 1985 terdiri dari 3 bagian penting yaitu : Adanya gejala. Persepsi tentang keadaan yang dirasakan. Kemampuan dalam aktivitas sehari-hari.
Kesehatan adalah merupakan suatu pandangan akan kondisi yang fleksibel antara kesehatan badan jasmani dengan kesehatan mental rohani yang dibedakan dalam sebuah rentang yang selalu berfluktuasi atau berayun mendekati dan menjauhi puncak kebahagiaan hidup dari keadaan sehat yang sempurna.

Pada saat ini sehat banyak diartikan dalam kadar yang normal atau lazim yang terjadi pada individu dalam arti bahwa individu tersebut tidak merasakan keluhan sebaliknya sakit diartikan suatu keadaan yang tidak normal atau lazim pada diri seseorang, misalnya adanya keluhan pusing yang tidak tertahankan, panas, dan sebagainya, sehingga pada saat itu dapat disimpulkan bahwa sehat itu bukan dari suatu penyakit.

Hubungan antara sehat sakit ini penting diketahui agar ketika kita merasakan akan tanda gejala sakit atau kurang sehat, maka kita bisa segera mendatangi tenaga kesehatan untuk memeriksakan status kesehatan kita. Bila memang sakit, maka kita akan segera mendapatkan pengobatan yang tepat dari ahlinya.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar