Proses Kelahiran

Dalam sebuah proses melahirkan dalam dunia medis kita mengenalnya dengan istilah kala-kala persalinan yaitu kala 1, kala 2, kala 3, dan kala 4. Kala 1 disebut juga dengan tahap pembukaan (pembukaan serviks). Kala 2 persalinan disebut dengan istilah tahap proses pengeluaran bayi. Kala 3 disebut dengan kala pengeluaran uri (placenta). Dan terakhir adalah kala 4.

Kala I persalinan disebut juga dengan kala pembukaan. Pengertiannya adalah pembukaan serviks dan dimulai dengan his persalinan yang pertama sampai pembukaan cervik akan menjadi lengkap yaitu mulai dari pembukaan 1-10 cm. Pada tahapan proses persalinan pertama ini dibagi menjadi 3 fase yaitu fase laten persalinan dan fase aktif.

Proses Kelahiran Bayi, Tahapan Proses Persalinan

Fase laten dalam sebuah proses melahirkan bayi maksudnya adalah fase pembukaan yang sangat lambat yaitu pembukaan yang dimulai dari 0 sampai 3 cm yang membutuhkan waktu kurang lebih selama 8 jam. Fase aktif pada kala 1 persalinan ini terbagi menjadi 3 yaitu :
  1. Fase Accelarasi ( fase percepatan ) dari pembukaan 3 cm sampai 4 cm yang di capai dalam waktu 2 jam.
  2. Fase Dilatasi maksimal yaitu dari pembukaan 4 cm sampai 9 cm yang di capai dalam waktu 2 jam.
  3. Fase Decelerasi (kurangnya kecepatan) dari pembukaan 9 cm-10 cm selama 2 jam.
Dalam tiap kala atau fase melahirkan biasanya pada anak kedua dan seterusnya fase di atas bisa lebih cepat dari sebuah landasan teori kesehatan dan juga kehamilan. Fase di atas umumnya terjadi pada kelahiran anak yang pertama.

Kala II persalinan adalah tahapan dimana terjadi pembukaan sampai pembukaan lengkap dan berakhir sampai lahirnya sang bayi di dunia ini untuk pertama kalinya.

Kala III atau kala uri ini adalah masa dimulainya dari kelahiran bayi sampai dengan placenta dilahirkan. Sehingga dalam tahapan proses persalinan yang ketiga ini juga harus menunggu sampai dengan adanya pengeluaran placenta dari rahim seorang ibu hamil.

Sedangkan yang dimaksud dengan kala IV adalah masa dalam sebuah proses persalinan dengan waktu berkisar antara 1-2 jam setelah placenta lahir dan dilahirkan. Dalam klinik, atas pertimbangan pertimbangan praktis masih diakui adanya kala IV persalinan meskipun masa setelah plasenta lahir adalah masa di mulainya masa nifas ( puerperium ) mengingat pada masa ini sering timbul perdarahan.

Jadi dalam setiap proses kelahiran bayi setelah bayi lahir maka hal yang perlu diwaspadai dan juga harus mendapatkan perhatian adalah observasi tanda-tanda perdarahan setelah melahirkan. Dan ini adalah masuk dalam fase ke 4.


0 Response to "Proses Kelahiran"

Poskan Komentar