Membahagiakan Istri

Posted by Ummu Nailah on

Tips Cara Kiat Membuat Istri Bahagia adalah merupakan salah satu kewajiban seorang suami terhadap istri. Karena memang banyak kewajiban seorang suami terhadap istri dalam Islam yang kita anut.

Tujuan menikah dalam Islam sudah seharusnya adalah merupakan jalan cara untuk bisa mendapatkan keridhoan Allah Ta'ala dan membentuk keluarga yang sakinah mawaddah warahmah serta juga mempunyai keturunan yang nantinya akan membangun meningkatkan syiar-syiar agama Islam.

Panduan cara membahagiakan isteri dalam sebuah keluarga sesuai petunjuk Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW perlu untuk diketahui dan dipahami dengan baik oleh para suami. Jangan sampai nantinya setelah menikah bukanlah kebahagiaan yang diraih, malahan kekecewaan, permasalahan dalam keluarga yang tak kunjung selesai.

Tips Cara Kiat Membuat Istri Bahagia
Tips Cara Kiat Membuat Istri Bahagia

Cara Membina Keluarga Sakinah


Beberapa hal dan cara serta kiat dalam rangka membina keluarga yang bahagia dunia akherat serta membina menciptakan keluarga sakinaah mawaddah warahmah tentunya tidaklah semudah seperti halnya membalikkan telapak tangan. Semuanya membutuhkan pengorbanan baik dari pihak suami atau pun pihak isteri.

Karena penentu kebahagiaan sebuah kehidupan mahligai rumah tangga sakah satu syarat yang harus dipenuhi adalah kesediaan pasangan untuk berkorban bagi pasangannya selama tidak berada di dalam jalur kemaksiatan dan dosa tentunya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membuat seorang istri bahagia dalam sebuah kehidupan rumah tangga antaraa lain adalah sebagai berikut :

Saling bekerjasama dalam rangka beribadah kepada Allah.
Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan sholat berjama’ah antara suami istri dan anak-anak serta juga selalu meningkatkan segala aktifitas kita sebagai suami istri dalam beribadah kepada kepada Allah Ta'ala, seperti halnya dalam bersedekah, berdzikir, dan sholat pada malam hari (qiyamul lail).

Memperlihatkan wajah yang menyenangkan dan murah senyum.
Dalam Islam pun kita diajarkan bila memasuki rumah hendaknya dengan mengucapkan salam dan hal ini bisa dilakukan para suami ketika pulang dari mencari nafkah dengan memberikan salam apalagi bila ditambah dengan wajah yang menyenangkan dan tersenyum manis penuh cinta kasih sayang seorang suami kepada istrinya.

Ketika mengajak berbicara maka menggunakan kalimat yang manis dan juga memikat.
Dengan menggunakan kalimat-kalimat penuh kasih sayang tersebut akan membuat pembicaraan berjalan akan berjalan dengan baik serta hangat dan sang istri pun merasa dihargai.

Membantu dalam pekerjaan rumah tangga.
Dengan suami membantu pekerjaan rumah tangga sang istri hal ini tidaklah membuat sosok suami di pandangan istri jadi menurun, justru dengan hal tersebut maka sang suami membantu sang istri akan memberikan kabahagiaan di hati istri.

Mengusahakan bermusyawarah dalam menghadapi setiap persoalan rumah tangga.
Walaupun keputusan sepenuhnya adalah di tangan suami. Karena memang suami adalah sebagai kepala keluarga dalam sebuah rumah tangga. Bermusyawarah akan lebih baik dalam menghadapi persoalan-persoalan rumah tangga.

Bermain dan bercanda dengan istri.
Dan hal ini tentunya dilakukan dalam batas kewajaran. Dengan bercanda yang wajar akan mencairkan kebekuan ataupun kejenuhan dalam berumah tangga.

Rasulullah bersabda : "Semua hal yang di dalamnya tidak menyebut nama Allah SWT, adalah suatu kesia-siaan, kecuali dalam empat hal : Seorang laki-laki yang sedang bermain dengan istrinya, melatih kuda, membidik di antara dua sasaran, serta mengajarkan berenang".

Memperbaiki penampilan suami di hadapan istri.
Allah Ta'ala itu Indah dan menyukai keindahan. Termasuk dalam penampilan sang suami di hadapan sang istrinya.

Memberikan perhatian.
Sebagai suami yang ingin membahagiakan istri maka para suami juga harus memberikan perhatian dan juga menunjukkan perasaan dengan penuh kasih sayang secara kepada istri. Dalam menjalani rutinitas dan kewajiban sebagai istri tentunya banyak perubahan baik itu fisik dan psikologis.

Nah di saat-saat itulah seorang istri biasanya membutuhkan perhatian yang lebih dari suami dan suami harus pandai dalam menilai akan hal ini.

Bersabar dan berlaku lemah lembut pada istri. Dalam keadaan suami marah karena sesuatu hal kepada sang istri maka suami harus bisa menjaga amarah serta berusaha bersabar dan bisa untuk mengendalikan diri dan menasehati istri dengan cara yang baik dan penuh hikmah.

Menjaga rahasia yang berkaitan dengan perkawinan.

Semoga dengan mengetahui akan berbagi macam cara membahagiakan istri maka akan terbentuklah sebuah keluarga yang sakinah, mawaddah, serta warahmah yang menjadi impian bagi setiap keluarga.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar