Penetapan NIP CPNS Honorer K2

Posted by Ummu Nailah on

Penetapan dan penerbitan SK NIP CPNS Honorer K2 yang telah lulus ujian seleksi cpns jalur khusus dikeluarkan secara resmi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Hanya saja dalam hal ini proses memang membutuhkan waktu karena verifikasi data dokumen kelengkapan dan keaslian dari para tenaga honorer yang telah lulus cpns.

Penetapan SK NIP Honorer K2 Lulus CPNS 2013 dari BKN (Badan Kepegawaian Negara) formasi khusus cpns tenaga honorer kategori II tahun anggaran 2013-2104 telah keluar dan terbit.

Berlarut-larutnya verifikasi usulan pemberkasan Nomor Induk Pegawai (NIP) honorer ini karena banyaknya data honorer bodong yang ikut juga dalam pengusulan menjadi calon pegawai negeri khusus untuk tenaga honorer kategori II ini.

Inilah salah satu dari Penyebab NIP Honorer K2 Belum dan lambat Dikeluarkan BKN di tahun ini.

Perkiraan prediksi penetapan secara resmi dari BKN untuk mendapatkan Nomor Induk Pegawai Honorer K2 yang lulus tes seleksi cpns adalah di bulan November-Desember 2014 ini. Dan semoga hal tersebut segera terlaksana.

Banyak Honorer Kategori II Lulus CPNS 2013 Belum Mendapat NIP


Proses Pengusulan Tenaga Honorer Kategori II (K2) yang lulus seleksi CPNS tahun 2013 lalu ternyata banyak yang terganjal dalam penetapan NIP (Nomor Induk Pegawai).

Mereka umumnya tidak diberikan NIP sekalipun diusulkan oleh Walikota/Bupati, Gubernur dan K/L dapat dinyatakan batal (berkas tidak lengkap/BTL) atau tidak memenuhi syarat [TMS] sesuai dengan ketetapan undang-undang.

Beberapa diantaranya justru dianggap berkasnya tidak lengkap. Untuk itu perlunya instansi yang bersangkutan memahami proses pengusulan NIP khusus untuk pengusulan CPNS dari honorer K2.

Berdasarkan data yang telah diterbitkan BKN per tanggal 19 Nopember 2014, baru 451 instansi yang sudah mengusulkan NIP ke BKN. 37 Kementerian/Lembaga dan 414 Pemerintah Daerah.

Penetapan NIP CPNS Honorer K2
Sumber : SAPK BKN/DIOLAH LSM SAPULIDI/19-11-2014

Penetapan NIP CPNS K2 diselesaikan dalam 2 tahun anggaran, yaitu Tahun Anggaran 2013 dan Tahun Anggaran 2014. Dalam sistem aplikasi pelayanan kepegawaian (SAPK) BKN, proses NIP CPNS K2 dilakukan dengan cara memasukkan data pada tabel dengan pemisahan proses untuk Instansi Pusat dilakukan di BKN Pusat dan Instansi Daerah dilakukan di Kantor Regional (Kanreg) BKN yang tersebar di 12 kota.

Berdasarkan SAPK BKN per tanggal 19 Nopember 2014, jumlah formasi MenPANRB yang sudah masuk sebanyak 171.523 formasi. Sementara itu yang baru diusulkan oleh Instansi dan Daerah untuk pembuatan NIP CPNS K2 adalah 142.299 orang.

Yang sudah selesai di proses NIP CPNS sebanyak 87.559 orang K2. Dan yang dinyatakan Berkas Tidak Lengkap (BTL) sebanyak 2.014 orang. Serta yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) menjadi CPNS dari K2 adalah 790 orang.

Dengan demikian masih ada tersisa K2 yang dalam tahap proses pembuatan NIP CPNS sebanyak 51.936 orang.

Ada juga sisa formasi akibat dari berbedaan antara formasi MenPANRB dengan yang diusulkan oleh instansi dan daerah sebanyak 29.224 formasi.

Menurut data BKN, K2 yang mengikuti proses seleksi CPNS tahun 2013 lalu sebanyak 608.814 orang dan yang lulus seleksi hanya sebanyak 209.719 orang.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar