Jenis Olahraga Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Posted by Ummu Nailah on

Jenis macam olahraga yang sehat bagi ibu hamil dalam rangka untuk menjaga kesehatan kehamilan dan janinnya tentunya perlu dan harus dilakukan oleh para wanita hamil. Mengingat akan manfaat olahraga bagi kesehatan ibu hamil yang menjalani masa-masa kehamilan selama 9 bulan tersebut.

Olahraga yang cocok dan dianjurkan bagi wanita ibu hamil ada beberapa macam. Karena memang jenis kegiatan aktifitas olahraga bagi kehamilan tentunya akan berbeda dengan olahraga pada umumnya. Demikian pula dengan tujuan dan manfaat olahraga bagi ibu hamil itu sendiri.

Ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh wanita hamil. Salah satunya adalah berkaitan dengan olahraga. Banyak yang menyebutkan saat hamil, wanita tidak diperbolehkan untuk berolahraga.

Beberapa jenis gerakannya dapat membahayakan janin yang dikandung oleh wanita.

Jenis Olahraga Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Olahraga Yang Boleh dan Dianjurkan Bagi Wanita hamil


Kehamilan merupakan waktu yang diidam-idamkan oleh pasangan suami istri. Dan ketika sang istri sedang hamil dan mengandung maka berbagai hal dilakukan oleh para pasangan suami istri untuk menjalankan tips kiat cara menjaga kesehatan kehamilan dan janin dilakukan mulai dari menjalankan pola hidup sehat serta juga berolahraga.

Ibu hamil dianjurkan tetap olahraga untuk mempertahankan tingkat kebugaran jasmani agar tidak terjadi penambahan berat badan yang berlebihan, dan mempersiapkan tubuh untuk menghadapi persalinan.

Olahraga yang dilakukan tentunya adalah jenis macam olahraga ibi hamil yang gampang dilakukan dimana saja dan sesering mungkin. Sehingga ketika datang waktunya melahirkan dan bersalin maka sang ibu merasa lebih siap dan tenang dalam menghadapinya.

Olahraga tersebut dimaksudkan agar ibu hamil tetap fit dan energik sepanjang masa kehamilannya. Olahraga ini pun dapat bermanfaat untuk melatih otot-otot yang berhubungan dengan jalan lahir pula.

Inilah beberapa jenis olahraga yang boleh dilakukan oleh wanita hamil seperti dilansir dari magforwomen.com antara lain adalah sebagai berikut :

Berenang

Renang adalah salah satu olahraga yang cukup aman dilakukan oleh wanita hamil. Air dan daya apung baik untuk perkembangan janin Anda.

Bersepeda Dalam Ruangan

Bersepeda dalam ruangan dengan sepeda statis baik dilakukan oleh ibu hamil. Saat melakukan kegiatan Anda, kemungkinan untuk terjadi cedera sangatlah kecil.

Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga sederhana yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Berjalan akan memompa denyut jantung dan meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh wanita hamil.

Selain itu berjalan juga dikenal dapat meningkatkan stamina, mengurangi stres, dan juga mengurangi resiko penyakit jantung.

Pilates

Pilates baik untuk kehamilan sebab dapat meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, serta daya tahan tubuh.

Latihan anaerobik ini dianjurkan untuk ibu hamil sebab dapat menguatkan otot, membuat pikiran menjadi fokus, serta mampu mengatur pernapasan Anda saat melahirkan nanti.

jenis olahraga yang boleh dilakukan oleh wanita hamil

Kegel

Kegel adalah latihan sederhana yang bermanfaat untuk persiapan persalinan bagi ibu hamil. Otot-otot kegel Anda dapat dilatih dan dipersiapkan untuk persalinan nantinya.

Yoga

Latihan yoga saat hamil dapat mengurangi ketegangan, meningkatkan mood dan melancarkan persalinan.

Senam Hamil

Meskipun ibu hamil bisa melakukan senam secara sendiri berdasarkan DVD yang banyak beredar namun akan lebih baik jika ibu hamil melakukan senam hamil dipandu oleh ahli atau mengikuti kelas-kelas hamil yang saat ini banyak berdiri. Selain mendapatkan kebugaran dan panduan yang tepat.

Ibu hamil juga dapat berinteraksi dengan ibu ibu hamil lainnya sehingga makin memperbanyak pengetahuan dan berbagi pengalaman dengan yang lain. Dengan melakukan senam hamil, dapat menambah kesehatan dan kebugaran ibu hamil beserta janinnya.

Selain itu senam hamil dapat membantu melenturkan dan menguatkan otot-otot yang diperlukan saat persalinan nanti sehingga akan mempermudah proses persalinan.

Olahraga selama hamil memberikan banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan maupun janin yang sedang di kandung, seperti:
  1. Membuat tubuh tetap bugar selama kehamilan
  2. Membantu mempersiapkan kelahiran
  3. Memperkuat otot tubuh
  4. Mengurangi rasa nyeri sehingga tubuh terasa lebih nyaman

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar