Pemeriksaan Pap Smear Pada Wanita

Posted by Ummu Nailah on

Pemeriksaan Pap Smear Pada Wanita - Manfaat Tujuan Pemeriksaan Pap Smear Pada Wanita Banyak jenis pemeriksaan kesehatan yang bisa dilakukan oleh para wanita dan perempuan terutama pula untuk memeriksa kesehatan reproduksinya. Termasuk dalam pemeriksaan pap smear ini. Pemeriksaan pap smear ini dilakukan dalam rangka mendeteksi dini dan pencegahan kanker serviks bagi wanita.

Seperti yang pernah diposting oleh kawan blogger Portal Kesehatan yang senantiasa menyuguhkan berbagai artikel kesehatan yang senantiasa dijadikan isi dari hampir keseluruhan postingannya. Blogger yang bertemakan kesehatan ini memang banyak dan salah satunya adalah portal kesehatan tersebut di atas dengan salah satu entrinya yang bertajuk akan Pemeriksaan Pap Smear.

Papanikolaou test atau Pap smear adalah metode screening ginekologi, dicetuskan oleh Georgios Papanikolaou, untuk menemukan proses-proses premalignant dan malignant di ectocervix, dan infeksi dalam endocervix dan endometrium. Pap smear digunakan untuk mendeteksi kanker rahim yang disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV.

Menurut perkiraan, di Inggris Pap smear mencegah sekitar 700 kematian per tahun. Wanita yang aktif secara seksual disarankan menjalani Pap smear sekali setahun. Karena manfaat pemeriksaan pap smear untuk kaum perempuan juga banyak.

Deteksi dini yang hampir tidak pernah dilakukan menjadikan banyak wanita yang mengidap kanker serviks meninggal dunia dengan cepat. Sejak dikembangkan kurang lebih 50 tahun lalu, tes pap smear telah menurunkan persentase meninggalnya wanita akibat kanker serviks hingga 50% di banyak negara berkembang.

Di Indonesia, rupanya masyarakat kebanyakan belum paham betul kapan tes pap smear harus dilakukan.

Pemeriksaan Pap Smear Pada Wanita

Sebenarnya mereka yang berusia 21 tahun ke atas dan yang telah melakukan hubungan badan secara aktif dianjurkan untuk memeriksakan diri dengan metode pap smear 2 tahun sekali. Aturan umumnya adalah tes ini dilakukan pertama kali 3 tahun berselang setelah Anda berhubungan badan secara aktif.

Anjuran melakukan pap smear 1 tahun sekali telah dikoreksi menjadi 2 tahun sekali untuk keefektifan. Jika dalam pemeriksaan yang dilakukan 3 kali berturut-turut tidak ditemukan tanda-tanda keabnormalan maka wanita yang menginjak usia 30-an boleh menurunkan frekuensi tes pap smear menjadi sekali dalam 3 tahun. Kecuali jika tenaga medis menganjurkan untuk melakukan lebih dari sekali tes pap smear dalam setahun.

Bagi wanita perempuan yang mempunyai resiko lebih untuk terkena kanker serviks atau mulut rahim ini tentunya akan lebih mmebutuhkan pemeriksaan ini lebih lanjut. Kalangan wanita beresiko yang memerlukan pemeriksaan pap smear ini diantaranya yaitu :
  1. Mempunyai aktifitas seksual pada saat remaja.
  2. Saat akan diperiksa mempunyai riwayat hubungan seksual dengan pasangan yang berbeda-beda.
  3. Mempunyai riwayat penyakit menular seksual.
  4. Keluarga mempunyai riwayat penyakit kanker serviks.
  5. Adanya infeksi human papilloma virus (HPV).
  6. Sebagai perokok baik aktif maupun pasif, zat nikotin serta “racun” lain yang masuk ke dalam darah melalui asap rokok mampu meningkatkan kemungkinan terjadinya kondisi cervical neoplasia atau tumbuhnya sel-sel abnormal pada rahim.
Tujuan pemeriksaan pap smear adalah dalam rangka untuk mendeteksi beberapa kelainan diantaranya yaitu :
  1. Infeksi kuman, jamur, parasit maupun virus
  2. Berbagai tingkatan perubahan sel pra kanker
  3. Sel Kanker Leher Rahim
Seperti telah diterangkan di atas tujuan tes pap smear ini adalah mengetahui atau pun mendeteksi adanya kanker leher rahim / kanker mulut rahim. Kanker mulut rahim ini merupakan jenis kanker yang sering terjadi pada wanita, juga merupakan penyebab kematian nomor satu dari jenis kanker yang menyerang wanita. Tetapi kanker leher rahim stadium dini yang cepat ditangani dapat sembuh 100%. Artinya, semakin dini penyakit kanker diketahui maka semakin mudah menanganinya. Waktu yang tepat untuk melakukan tes Pap Smear adalah setiap saat di luar masa haid secara teratur. Lalu kapan dan siapa yang perlu pemeriksaan Pap Smear ini. Yang perlu memeriksakan kesehatan yang berhubungan dengan Pap Smear ini adalah wanita yang sudah melakukan hubungan seksual dan berusia lebih dari 18 tahun sebaiknya melakukan pemeriksaan ini tiap tahun. Atau bila hasil pemeriksaan normal, boleh dilakukan 2- 3 tahun sekali sesuai dengan petunjuk dokter.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar