Manfaat Memandikan Bayi

Posted by Ummu Nailah on

Manfaat Memandikan Bayi - Manfaat Memandikan Bayi Bagi seorang ibu memandikan bayi adalah juga merupakan aktifitas sehari-hari yang seharusnya bisa menyenangkan baik itu bagi sang ibi ataupun bagi sang bayi sendiri. Beragam cara bisa ditempuh bagi seorang ibu untuk dicoba agar memandikan bayi ini dapat menjadi acara yang menyenangkan dan juga bisa digunakan sebagai sarana serta media dalam menstimulasi bayi.

Sebenarnya prinsip memandikan bayi yang lebih besar akan lebih mudah dibandingkan dengan memandikan bayi yang mempunyai ukuran dan bobot tubuh yang lebih kecil. Hal ini karena perbedaan dalam hal fisik dan berat badan. Pada anak / bayi yang lebih besar punggungnya sudah tegak dan lehernya pun sudah mulai kuat. Sehingga bayi dapat didudukkan ketika disabuni dan dibilas. Hal tersebut juga berlaku untuk bayi yang berusia 6 bulan ke atas.

Memandikan Bayi

Mandi adalah sebuah aktifitas untuk membersihkan tubuh dan juga memberikan kesegaran bagi bagi setiap orang. Termasuk juga aktifitas mandi bagi sang anak / bayi. Berbagai cara memandikan bayi juga seringkali dilakukan oleh berbagai macam ibu. Dan berbagai cara memandikan bayi yang membuat bayi senang dan menyenangkan juga dilakukan oleh sang ibu yang selalu menyayangi buah hatinya. Maka dalam hal memandikan bayi ada banyak aktifitas yang menyenangkan serta menstimulasi berbagai kecerdasan dan keterampilan serta mengenalkan berbagai hal yang baru bayi sang bayi.

Manfaat memandikan bayi juga banyak. Salah satunya seperti yang telah dijelaskan di atas yaitu untuk menstimulasi berbagai hal pada sang bayi. Stimulasi pada anak bisa dicoba dengan memasukkan beberapa mainan ke dalam bak mandinya si kecil pada saat mandi. Pada saat itulah biasanya si kecil akan banyak melakukan aktivitas menghentak-hentakkan kaki serta tangannya pula di dalam air.

Hal tersebut merupakan ekspresi kegirangan si kecil. Ketika bayi anak sedang beraktifitas dan moment menghentak-hentakkan itulah secara tidak langsung akan memperkuat otot-otot pada tangan serta kakinya. Atau pun saat buah hati memencet mainan didalam bak mandinya. Hal ini pula akan memperkuat jari-jari tangannya sekaligus juga merangsang indera perabaannya dan juga indera pendengarannya bila mainannya tersenut bisa mengeluarkan bunyi. Selain itu aroma sabun yang kebanyakan beraroma buah-buahan akan juga merangsang indera penciumannya.

Dan berbagai tips memandikan bayi juga bisa dipraktekkan oleh sang ibu dalam rangka merawat da menjaga kesehatan bayi itu sendiri. Tentunya juga tips memandikan bayi yang sehat dan juga menyegarkan akan membuat perkembangan sang bayi dan anak akan bisa berjalan dengan baik dan juga optimal.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar