Pendidikan Akhlak Agama Kepada Anak

Posted by Ummu Nailah on

Pendidikan Teladan Yang Baik Kepada Anak adalah merupakan bagian dari ajaran dan syariat agama Islam kita yang tercinta ini.

Karena memang sungguh Islam adalah agama yang sempurna hingga pendidikan akhlak untuk anak pun diperhatikan dengan serius. Namun sangat disayangkan orangtua kebanyakan pada zaman sekarang ini jarang memperhatikan pendidikan akhlak budi pekerti pada anak lantaran dan dikarenakan kesibukan mereka atau berbagai macam alasan lainnya.

Prinsip yang mereka pegang adalah membahagiakan anak dengan memberikan pendidikan dan metoda mendidik anak yang baik yang mereka sangka sudah cukup bagus dan optimal. Namun kebahagiaan yang semacam apa yang ingin diwujudkan oleh sebagian para orangtua tersebut ?

Anak adalah buah hati setiap orang tua, dambaan disetiap keinginan orang tua serta penyejuk hati bagi keletihan jiwa orang tua. Anak tidak lahir begitu saja, anak buah hati terlahir dari buah cinta sepasang hamba Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang merupakan amanat wajib untuk dijaga, diasuh dan dirawat dengan baik oleh orangtua yang pada akhirnya nanti akan dimintai pertanggungjawabannya kelak.

Pendidikan Akhlak Agama Kepada Anak
Pendidikan Akhlak Agama Kepada Anak

Kewajiban Orang Tua Memberikan Pendidikan Agama Kepada Anak


Pertanggung jawaban orang tua tersebut baik di dunia ataupun di akherat, namun tatkala anak sudah baligh maka mereka bertanggung jawab atas diri mereka sendiri. Salah satu contoh dari pertanggung jawaban tersebut adalah dengan kewajiban memelihara diri dan keluarga dari api neraka :
"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar yang keras yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkanNya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (QS. At Tahrim: 6)

Dan hal ini dapat diwujudkan dengan memberi pendidikan dan contoh keteladanan yang baik dari orang tua kepada anak-anaknya sesuai Al Qur’an dan As sunnah sebagai bekal perjalanan di dunia maupun di akherat. Sebagaimana perkataan Abdullah Umar radhiyallahu’anhu,
"Didiklah anakmu karena kamu akan ditanya tentang tanggungjawabmu, apakah sudah kamu ajari anakmu, apakah sudah kamu didik anakmu dan kamu akan ditanya kebaikanmu kepadanya dan ketaatan anakmu kepadamu."

Pendidikan tersebut banyak cabangnya satu diantaranya adalah pendidikan agama, akhlak, keteladanan. Akhlak anak yang baik dapat menyenangkan hati orang lain baik orangtua atau orang-orang di lingkungan. Bahkan akhlak yang sesederhana sekalipun misalnya memberikan wajah berseri saat bertemu dengan saudara muslim yang lain.

Disamping ikhtiar dengan memberikan pendidikan agama dan kebaikan serta sunnah-sunnah Rasulullah SAW yang bagus hendaknya orangtua selalu mendoakan kebaikan kepada anak-anaknya agar mereka tumbuh dengan naungan kasih sayang Allah subhanahu wa ta’ala pula. Karena doa orangtua atas anaknya termasuk doa yang mustajab.

Semoga kita para orang tua khususnya lebih memperhatikan akan memberikan keteladanan dan contoh sunnah-sunnah Rasulullah SAW pada anak-anak kita karena dengan akhlak yang baik, maka Insya Allah anak nantinya bisa menjadi lebih baik lagi, baik itu dalam urusan mengenai dunianya atau pun akheratnya.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar