Panselnas Pendaftaran CPNS Online 2014

Posted by Ummu Nailah on

Website alamat pendaftaran registrasi online CPNS Tahun 2014 di http://panselnas.menpan.go.id akan secara resmi dibuka oleh pemerintah untuk melakukan pendaftaran secara online di agustus 2014 ini.

Dan jadwal pendaftaran CPNS 2014 akan dimulai dari tanggal 20 agustus - 3 September 2014 berdasarkan informasi dari kementrian PAN-RB.

Situs website resmi Panitia Seleksi Nasional yaitu di www.panselnas.menpan.go.id pada saat informasi update terbaru penerimaan cpns 2014 ini dibuat pada jumat 15 Agustus 2013 belum dibuka. Dalam pengumuman, Panselnas menegaskan belum ada pembukaan pendaftaran.

Kemungkinan laman website situs panselnas akan mulai bisa dibuka diakses setelah Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengumumkan secara resmi Lowongan Seleksi Rekrutmen CPNS 2014 diantara tanggal 20-25 agustus 2014 ini.

Website Panselnas Pendaftaran CPNS Online 2014

Selain itu Panselnas dan juga Badan Kepegawaian Negara (BKN) memajang dan membuat pengumuman terkait dengan himbauan kepada calon peserta seleksi CPNS 2014 untuk terus memantau pengumuman dan informasi terbaru CPNS 2014 di dua situs resmi yang beralamat di di http://panselnas.menpan.go.id/ dan juga http://sscn.bkn.go.id/.

Hal ini diimbau agar para calon peserta CPNS 2014 tidak tertipu karena banyaknya situs-situs pengumuman CPNS yang tak jelas sumbernya.

Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2014 telah mengumumkan jadwal resmi penerimaan CPNS 2014. Nantinya calon peserta dapat mengakses informasi lengkap lowongan CPNS 2014 mulai tanggal 20 Agustus 2014. Tanggal yang sama instansi terkait akan membuka pendaftaran.

Berikut beberapa informasi pengumuman daftar instansi yang telah membuka pendaftaran cpns online tahun 2014 di website panselnas :
Seperti yang pernah ditulis sebelumnya, sesuai surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pendaftaran CPNS pendaftaran dilakukan secara online atau sistem single entry melalui portal Panselnas.

“Semua istansi pemerintah dapat dilamar melalui sistem ini,” jelas Menteri PANRB Azwar Abubakar pada saat itu.

Panitia seleksi nasional (Panselnas) CPNS 2014 melakukan penyederhanaan pendaftaran CPNS, yakni dengan pendaftaran sistem online melalui website panselnas.menpan.go.id untuk semua formasi cpns lulusan SMA, D3, S1 tahun 2014.

Persyaratan Pendaftaran Online CPNS 2014


Ada beberapa tahapan alur seleksi tes cpns online dan juga cara mendaftar online pada website panselnas menpan go id untuk rekrutmen seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil tahun anggaran 2014-2015 ini yang dikutip langsung dari laman resmi tersebut diatas.

Persyaratan pendaftaran online memuat persyaratan berikut ini yaitu terdiri dari :
  • Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Tahun dan nomor ijasah pendidikan terakhir.
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir.
  • Berkas pasfoto digital warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran sebesar 30 KB.
  • Berkas fotokopi digital ijasah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB.
  • Surat elektronik (email) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.
  • Judul dan abstrak tugas akhir/tesis/disertasi
  • Untuk pelamar lulusan dari luar-negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Dikti – Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijazah.
  • Kelengkapan dokumen seperti ijazah dan lainnya disampaikan dalam bentuk data dengan format pdf dan di-upload pada kolom dokumen yang sesuai.
  • Setelah selesai melakukan pengisian dokumen, pelamar akan memperoleh kartu registrasi yang dapat di print out (cetak).
  • Cetak kartu registrasi sebagai bukti telah mendaftar.
  • Tunggu hasil verifikasi berkas pendaftaran oleh tim verifikator. Hasil verifikasi akan diumumkan dalam situs http://sscn.bkn.go.id atau situs resmi masing-masing lembaga.
  • Apabila lulus verifikasi administrasi, pelamar akan mendapat kartu peserta tes. Cetak Kartu Peserta Test sebagai bukti pelamar telah lulus saringan administrasi dan dapat mengikuti test seleksi CPNS. Lakukan Login untuk mengetahui hasil verifikasi tersebut.
  • Bawa Kartu Peserta Test yang sudah di cetak saat mengikuti tes CAT di tempat yang ditunjuk oleh instansi yang dituju pelamar.
Persyaratan Pendaftaran Online CPNS 2014

Kebenaran isian serta berkas digital yang diunggah akan dicek pada saat verifikasi fisik sebelum ujian tulis. Ketidaksesuaian data akan mengakibatkan peserta digugurkan dan tidak diperkenankan mengikuti ujian tulis.

Dalam proses verifikasi, panitia tidak memiliki wewenang untuk melakukan perubahan pada isian calon pelamar.

Syarat-syarat Pedaftaran CPNS 2014 Secara Umum seperti informasi yang dilansir dari laman website aktualpost.com di tahun ini adalah bahwa persyaratan kelengkapan administrasi berkas daftar cpns seperti halnya : SKCK, Kartu Kuning, Surat Keterangan Sehat tidak diperlukan saat melakukan registrasi awal.

Saat melakukan registrasi awal di portal, hanya diperlukan nama lengkap, NIK, tanggal lahir, pilihan instansi, dan alamat email.

Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PANRB Suwardi menjelaskan, pendaftaran CPNS tahun ini ditetapkan, pelamar tidak bisa melamar di lebih dari 1 instansi, namun diberi keleluasaan untuk mendaftar maksimal untuk tiga pilihan jabatan dalam satu instansi.

Misalnya, di tiga unit kerja yang berbeda pada suatu instansi masing-masing membutuhkan sarjana Ilmu Pemerintahan. Maka seorang Sarjana Ilmu Pemerintahan dapat melamar ketiganya, dengan menyebutkan jabatan mana sebagai pilihan pertama, kedua dan ketiga.

"Ini supaya penyerapan tenaga kerjanya maksimal. Karena, tahun lalu pernah kejadian 1 orang di terima di 3 instansi sekaligus. Tetapi karena hanya bisa di satu instansi, sehingga 2 jabatan sisanya jadi kosong. Jadi 30% lowongan tahun lalu tidak terisi, padahal biaya untuk perekrutan luar biasa besar," paparnya.

Bagi saudara-saudara semuanya untuk menantikan informasi update terbaru alamat mendaftar CPNS secara Online tahun 2014 silakan untuk memantau di link website portal resmi berikut ini yaitu di : panselnas.menpan.go.id dan juga di sscn.bkn.go.id.

Untuk langsung menuju ke link registrasi online silakan menuju ke link berikut ini ==> regpanselnas.menpan.go.id

Previous
« Prev Post

1 komentar: