Penyakit Asma

Posted by Ummu Nailah on

Penyakit Asma Bronkial - Penyakit Asma Bronkial Berbagai macam jenis penyakit saluran pernafasan telah ada di Indonesia dan juga belahan dunia. Dan salah satu jenis penyakit saluran pernafasan yang sering terjadi di Indonesia ini adalah penyakit asma bronkial. Artikel mengenai penyakit asma dan penjelasannya ini terinsiprasi salah satu postingan kawan blogger yang satu ini yaitu Portal Kesehatan. Portal Kesehatan sebuah blog yang banyak mengupas akan berbagai masalah kesehatan termasuk di dalamnya adalah tips kesehatan, jenis penyakit, kesehatan anak dan artikel yang bertemakan kesehatan.

Asma Bronkitis merupakan penyakit saluran pernafasan yang menjadi masalah di seluruh dunia baik di negara maju atau pun di negara berkembang. Di Indonesia sendiri perhatian masyarakat terhadap asma dan asma bronkial anak mulai merebak sejak dua dasa warsa terakhir ini. Ada beberapa pengertian dari penyakit asma bronkila ini dan berikut adalah beberapa pengertian penyakit asma.

Penyakit asma bronkial adalah penyakit jalan nafas obstruktif intermiten, reversibel dimana trakea dan bronchi berespon dalam secara hiperaktif terhadap stimuli tertentu. Itu adalah pengertian penyakit asma bronkial menurut (Smeltzer, 2002 : 611)
Penyakit jalan nafas yang tidak dapat pulih yang terjadi karena spasme bronkus disebabkan oleh berbagai penyebab misalnya alergen, infeksi, latihan. Spasme bronkus meliputi konstriksi otot polos, edema mukosa dan mukus berlebihan dengan perlengketan di jalan nafas pada tahap lanjut. (Hudak, 1997 : 565)

Penyakit Asma

Penyakit asma bronkial adalah salah satu penyakit paru yang berkaitan erat dengan saluran nafas dan pernafasan. Oleh sebab itu bila penyakit paru asma ini kambuh akan menimbulkan gejala tanda khas asma sekali yaitu bunyi nafas mengi, bengek, batuk dan juga sesak nafas. Bunyi mengi pada asma terdengar ketika seorang penderita menghembuskan nafasnya. Serangan asma terjadi secara perlahan dengan gejala yang secara bertahap juga akan semakin memburuk jika tidak segera dilakukan tindakan pengobatan dan juga perawatan pada penyakit asma.

Lalu apakah penyebab dan hal yang bisa menyebabkan asma ini terjadi. Penyebab Asma dalam hal ini adalah asma bronchiale adalah dua faktor yaitu faktor intrinsik dan juga faktor ekstrinsik.
Dua hal tersebut yang bisa menyebabkan penyakit asma bronkial yaitu :
1. Faktor Intrinsik ( asma non imunologi / asma non alergi ) yang menyebabkan asma adalah :
  1. Infeksi : Parainfluenza virus, pneumonia, mycoplasmal.
  2. Fisik : Cuaca yang dingin, perubahan temperatur secara dratis.
  3. Iritan : Kimia.
  4. Polusi udara : Karbondioksida, asap rokok, parfum.
  5. Emosional : rasa takut, cemas dan tegang.
  6. Aktivitas yang berlebihan juga dapat menjadi faktor pencetus. (Suriadi, 2001 : 7)
2. Faktor Ekstrinsik ( asma imunologik / asma alergi) pemicu terjadinya asma :
  1. Inhalasi (menghirup )alergen ( seperti halnya debu, serbuk-serbuk, bulu-bulu binatang ).
  2. Reaksi antigen-antibodi.
Pengobatan perawatan asma bronkial ini tidak hanya ditujukan untuk meredakan gejalanya saja, tetapi lebih ditujukan untuk membuat asma terkontrol. Penyakit asm ayang terkontrol mengandung arti :
  1. Tidak sering kambuh.
  2. Tidak ada gejala asma.
  3. Tidak mengganggu aktifitas.
  4. Fungsi paru tidak terganggu atau menurun.
Tadi adalah tujuan pengobatan serta pengobatan akan penyakit asma. Penyakit asma pada anak juga angka kejadian dan angka kesakitan asma anak trend nya semakin naik saja. Dan hal ini tentunya harus segera diberikan penanganan yang baik serta tepat pada asma ini agar angka kambuhnya bisa berkurang.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar